Resolving ideapad Loading FreeDOS 123 InitDisk

Mangatasi masalah loading boot muncul FreeDOS 123 Initdisk pada lenovo ideapad, Masalah ini ketika saya mendapat pasien untuk memasang OS pada ideapad yang baru saja di beli tanpa Operting System.


Tanpa fikir panjang lansung saja saya nyalakan ideapad yang sudah saya pasang FD bootable sebelumnya, Namun masalah muncull ketika saya ingin mengakses boot priority dengan menekan F1 atau F2 ternyata hanya muncul jendela freedos saja, Sya sedikit bingung karena memang saya baru kali ini mendapat pasien Lenovo Ideapad untuk menlakukan instalasi OS pertamanya, Setelah sana sini tanya ke teman ternyata tidak membuahkan hasil karena kebanyakan teman juga belum pernah mengalami kasus ini. Akhirnya saya pun datang ke website lenovo untuk mencari tau hal ini, Dan akhirnya saya pun mendapat sedikit pentunjuk yang saya improfisasi hingga saya dapat mekukan instalasi OS pada ideapad. Setelah saya masuk ke website lenono saya menacari manual book yang berupa file PDF yang di situ di jelaskan bahwa Ideapad memliki OneKey Resuce system yang berfunsi untuk memanggil bootpriority pada saat idepad mengalami loading freedos. OneKey Resuce system itu adalah satu tombol darurat yang terletak disisi kiri atau di depan fan louver, Lupan kipas udara. Gambar di bawah ini adalah letak Novo button OneKey Resuce system di tunjukan angka 1 dan pada ideapad 300 kalian harus menggunakan material kecil seperti jarum atau sejenisnya untuk menekan tombol ini. Karena pada idepad s300 OneKey Resuce system hanya berupa lubang kecil bukan tombol besar seperi ideapad s405 atau ideapad s400.

Cara booting ideapad menggunakan FDbootable yang saya laukan ini tidak melalui setting boot priority melalui bios setting, tapi menggunakan fasilitas fast boot yang ada di ideapad, dan caranya adalah sebagai berikut :

  1. Nyalakan idepad, Jika muncul freeDOS matikan saja secara paksa dengan tombol power
  2. Nyalakan idepad dengan tombol resuce system dengan menekan tombol selama -+ 2 detik.
  3. Tekan tombol left arrow ( panah ke kiri ) pada keyboard
  4. Maka akan muncul pilihan boot device
  5. Pilih boot USB device dengan up/down arrow kemudian tekan enter
  6. Proses instal OS akan segera berjalan

Demikian tadi penjelasan singkat tentang cara instalasi OS pada ideapad yang masuk ke freeDOS 123 initdisk. Dan buat kalian yang mungkin membutuhkan manual book PDF ideapad silahkan download pada link di bwah ini

Resolving ideapad Loading FreeDOS 123 InitDisk Rating: 4.5 Diposkan Oleh: YUDHI WNARNO

1 komentar: