file RAW pada hasil kamera hape nokia

Bagi pengguna ponsel nokia yang di bekali kamera dengan pixel besar pasti pernah menjumpai hasil jepretan kamera yang tidak langsung terbaca jika kita sinkron ke PC karena hasil jepretan tersebut masih berformat RAW. dan di bawah ini adalah penjelasan singkat tentang dan mengapa harus ada file berformat raw pada hasil kamera nokia.

Pada HP Nokia seri baru, terutama yg menggunakan kamera dg pixel besar membutuhkan ukuran file yg besar pula, proses penyimpanan file foto ini membutuhkan waktu beberapa detik, mungkin menit. Agar kamera tetap bisa digunakan lagi secepat mungkin, maka foto disimpan sementara sebagai file nrw (bitmap versi Nokia, NRW=Nikon Raw Format) dan akan diconversi secara background yg membutuhkan folder imagecache. File NRW ini sangat besar, untuk 5MP rata2 sampai 6MB setelah menjadi jpg hanya berkisar 0,8MB sd 1,5MB. Setelah proses konversi selesai, file NRW otomatis dihapus. Namun ada kalanya file NRW ini ada yg ketinggalan dan belum terhapus, dikarenakan sesaat setelah konversi selesai, HP digunakan untuk keperluan lain yg menyita proses CPU atau memori sehingga proses penghapusan gagal.

Namun demikian, file NRW bisa dihapus apabila file JPG telah selesai. Dalam daftar file akan ada dua nama yg sama dg extensi jpg dan nrw. Jika file jpg belum terbentuk, maka anda bisa mengkonversi manual dengan NRW Converter atau Picture Converter.

file RAW pada hasil kamera hape nokia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: YUDHI WNARNO

0 komentar:

Post a Comment